Ingin Menulis Cerita yang Bagus? Langgarlah Semua Aturan!


oleh: Mochamad Syafei

Kalau Anda ingin menjadi penulis cerita, buanglah semua buku panduan yang pernah Anda beli, baik buku yang dibeli di toko buku atau yang beli di toko loakan. Buang! Jangan ada yang disimpan. Karena buku-buku itu telah menjadi racun. Dan tentu saja menjadi tembok pengahalang terbesar bagi Anda untuk menjadi penulis besar.

Pada saat Anda baru mulai berkeinginan menulis cerita, pasti pesan berikut akan Anda dengan dari orang pinter, setengah pinter, atau sok pinter. “Kalau Anda ingin belajar menulis cerita, belilah buku panduan tentang penulisan cerita yang baik. Buku-buku seperti ini banyak tersedia di toko buku.”

Buku-buku pandungan itu tentu sangat bermanfaat. Bermanfaat untuk dibaca. Tapi sama sekali tak bermanfaat bagi Anda jika Anda ingin menjadi penulis cerita. Apalagi kalau Anda ingin menjadi penulis cerita hebat. Ingin mendapat hadiah nobel, misalnya.

Nasihat ayau petuah seperti di awal tulisan ini yang benar sebagai jalan menuju penulis besar. Ya, buanglah semua buku panduan penulisan cerita. Bukan hanya itu, lupakan semua teorinya.

Kenapa?

Karena buku panduan itu lahir dari karya yang sudah ada. Dari karya besar. Tapi karya besar pada zamannya. Tak ada karya besar yang mampu melintasi segala zaman. Jadi, buku itu memuat sesuatu yang sudah basi. Memuat teori yang tak perlu diikuti. Kecuali Anda hanya ingin jadi pengekor.

Seorang pionir adalah mereka yang mampu menembus zaman. Bukan mereka yang mengikuti zaman. Apalagi kalau hanya mengikuti arus belaka. Pionir harus mampu membabat hutan menerobos gelap dan memberi terang pada mereka yang ada di belakang. Pionir bukan mereka yang berleha-leha menikmati jalan yang sudah lapang.

Penulis besar juga bukan penulis yang tunduk pada teori, pada aturan. Penulis besar justru mereka yang mampu melanggar teori karena telah membentuk teori baru. Maka langgarlah semua aturan! Langgarlah semua teori! Buanglah semua buku.

Penulis besar akan mampu melahirkan buku baru. Teori baru. Aturan baru.

Masihkah Anda menyimpan buku-buku itu? Maka segeralah ambil! Terus buang! Sejauh mungkin! Lupakan isinya!

Sekarang Anda sudah menjadi penulis besar. Percayalah! Yang penting Anda mulai menulis dan jangan melamun di depan komputer!

About these ads