KOMUNITAS KOLOM KIRI


Komunitas kiri terlahir karena ingin menegaskan bahwa komunitas ini menampilkan wacana pergerakan dalam wajah berbeda dengan gaya jalanan, progresif dan independen. Yup, Pelopor lahirnya komunitas ini dari sekumpulan anak-anak yang sudah lelah melihat realitas yang terjadi. Atas kegundahan ini, kami melakukan propaganda dengan mengajak anak2 underground dan mengubah format pemikiran yang progesif dengan mengadopsi gerakan underground yang banyak pengaruhnya dengan anak2 muda.
kolom kiri yang menjadi Brand komunitas kiri underground mengampanyekan kebebasan dan hak perpendapat serta menolak ideologi2 kapitalis. Kalangan Underground pada umumnya juga menyuarakan anti kapitalis dan globalisasi yang memang dibalut oleh pemikiran2 sosialis bin komunis. Tapi ini lain, komunis sosialis kami anggap . Isu dan gagasan yang opini yang “KERAS” & “TAJAM” tentang kiri sehingga dapat memengaruhi orang untuk terbakar dalam memperjuangkan hak-hak yang tersingkirkan. kami adalah sekumpulan anak muda berlatar belakang yang unik, ada orang syiah, haroki hingga aliran anarki, sehingga sifat perekrutannya tidak saklek dan mampu menarik banyak orang untuk bergabung.</div>

Sejak mengenal kolom kiri saya sempat menilai bahwa organisasi ini merupakan gerakan tanpa arah aliran kiri karena lihat dari simbol2nya memakai bendera sosialis, ternyata keheranan saya ini di iyakan oleh anggotanya. Angga yang juga aktif di kolom kiri , “Kita sering disebut bergaya sosialis”. Propaganda2 aksi komunitas kiri diantaranya adalah tulisan di buletin, kajian masalah populer, menulis di majalah NC (No Compromice), menempelkan poster2 satire, vandalisme dengan corat-coret di tembok anti kapitalisme dan komunisme, orasi2 di bus dan anak2 kiri (sosialis/komunis) di kampus-kampus, juga melakukan aksi2 dengan turun di jalan protokol yang menyuarakan isu2 populer seperti kenaikan BBM, MayDay, dsb.

Walaupun komunitas kiri cukup populer di kalangan anak muda solo ia sudah meluaskan ekspansinya di luar daerah, seperti , Malang, Jakarta, Makasar. Rupanya keberhasilan gerakan dan perjuangan mereka adalah ketika makin banyak yang meneriakkan anti-kapitalis dan kapitalis runtuh, usaha mereka untuk mengembangkan counter-culture atau sub-culture kebersamaan dini dapat berkembang dan eksis di tengah-tengah masyarakat. organisasi kami merupakan indpenden dan tidak ada satupun ormas yang memengaruhi organisasi ini.
el-habib