KALENGAN CINTA YANG BOCOR


Kalau mbak atau nona atau puan jadi ratu kecantikan, maka selama setahun bertengger di kursi jabatan tentulah dilarang kawin. Supaya safe hendaklah jangan pula pacaran, sebab pacaran itu merong-rone keperawanan, baik perawan kencur maupun perawan aspal hasil oprasi pembaptis kemunafikan. Menjadi ratu kecantikan adalah puncak karir yang menggelikan hati, tetapi soal cinta mesti dikalengkan dulu dan ditaruh di kulkas.

Seorang social worker wanita Filipina, dalam suatu workshop drama propaganda, gandrung pada seorang arjuna Indonesia yang eksotik. Dan tatkala tali cinta telah memanjang dan membelit bgai Nogogeni, tak bisa tidak menangislah Sembodro Tagalog itu ; air mata dan kata-katanya tumpah..I am so confused..tak mungkin akuputuskan begitu saja apa yang telah tersambung erat, tetapi aku harus menghindarkan segala percintaan ini demi karirku. Ia adalah aktivis perjuangan underground yang mengoposisi rezim marcos. Untuk itu ia pantang dan dilarang kawin sebelum perjuangannya mencapai hasil.

Di negri kita banyak Kartini kontemporer menggalang karir di berbagai organisasi politik atau perusahaan-perusahan yang membutuhkan kosentrasi tinggi, full disiplin, spesialisasi. Artinya bukan sang wanita sekedar menguasai prof-skill spesialistis, melaimkam bahwa ia mesti memasukkan dirinya bulat-bulat ke dalam sebuah karung special, paling tidak untuk waktu tertentu. Beberapa kabar burung mengemukakan bahwa ketika kemudian para wanita itu terlibat dengan Dewa Asmara aka terganggulah mekanisme usahanya, terbengkalailah usahanya,

Kenapakah mesti, setidaknya dari ketiga contoh diatas , terjadi konsleting antara cinta dan karir? Kenapa pula kabar-kabar mengangkat kasus itu hanya dari para wanita dan tidak dari para lelaki? Kenapa juga para sastrawan suka mendukung asumsi ini dengan cerpen-cerpen”di antara karir dan cinta”? kalau benar cinta itu subversive terhadap stabilitas karir, maka alangkah malang hidup. Padahal wanita Indonesia kini sedang sibuk memperjuangkan eksistensinya. Kami ini ada lho, sebgaimana lelaki ada. Kami bisa berbuat sebgaimana lelaki berbuat. Orang-orang jangan hanya ngomong How big is, how rich, how power full he is. Ganti 50% he itu dengan she. Jangan Cuma he rule the universe, tapi juga she does, lelaki jangan mentang-mentang. Lihat Indonesia punya mentri wanita. Baca Koran dong tentang lurah dan camat wanita.

Perempuan bukan sekedar penjaga tungku atau kanvas diam dungu yang pasif dilukis seenak udel oleh kaum lelaki. Ada beribu dokter wanita, insinyur, doctor, M.A, M.F.A atau judul-judul lain untuk kaum sekolahan. Sopir truck wanita?ada. pum pemain sepak bola yang bagaikan Maradoni, Pele, atau fauziah yang tak kalah denganfawzi. Berikan dunia ini kepada kaum wanita, mereka akan menawarkan kedamaian dan kebahagiaan, sperti yang dikandung alam semesta. Wanita adalah duta-duta Tuhan, yang menyuapi mulut dengan cinta kasih dan keabadian. Jadi kenapa gerangan, untuk hal-hal tertentu, wanita ini menolak cinta. Adakah itu sekedar teknis pengoganisasian kerja hidup mereka, ataukah ada filsafat tertentu yang melatarinya. Dalam badan hidup ini, apa sesungguhnya yang disebut cinta?

Rumah-rumah tradisional di jawa, misalnya menggambarkan ruang kejiwaan di dalam diri masyaraktnya, pendopo atau reunag depan lebih luas dari privat roommereka menunjukkan semacam penyediaan sikap sosial yang luas. Konsep privasi bahkan hamper tak ada karena ruang dalam rumah mereka begitu sosial. Dibagia manakah dari rumah itu yang menjadi symbol cinta? Barangkali roh cinta itu taktertubuhkan lewat sekat ruang. Atau mungkin nyawa cinta kasih itu justru terungkap pada keseluruhan bangunan rumah itutermasuk pendopo sosial yang luas itu.

Ketika wanita karir menunda urusan cinta-mencintai, seolah-olah cinta adalah sebuah bilik yang untuk sementara di gembok dulu. Nanti kalau sudah mampan bisa dibuka kembalidan lelaki idaman hati silahkan masuk.

Kata karir sebenarnya tumbuh dalam suatu system nilai budaya tertentu dimana etos individualisme sangat menjadi pokok sosial. Dalam ungkapan kasar karir adalah perjuangan individual yang menyibak jalan lingkungan, artinya memakai atau mengeksploitasi apa saja di sekitarnya untu kepntingankarirnya. Etos ini member resiko ketika seseorang berhadpan dengan kemungkinan bercinta.. roh cinta kasih yang semula bersifat sosial-universal-tinggal-dalam-Tuhantersaring menjadi hasrat individual. Individualitasyang satu dengan Tuhandan alam semesta, artinya uga denganmasyarakat makhluk, terduksi menjadi cinta kasih sebuah ego. Kemudian berdasarkan pemikiran pengorganisaian hidup yang rasional, analisa dilakukan, dan itu menghasilkan pengkotakan makna cinta. Yang disebut cinta adalah hasrat hati kepada lawan jenis. Dan jika diungkapkan, wujudnya ialah bahwa cinta salah sebuah kamar di dalam rumah. Kamar yang lain adalah studi, karis, politik atau ekonomi. Kamar satu dengan lainnya saling merasa asing. Resikonya telah terjadinya jebakan adab budaya komunitas manusia, sekaligus kebutuhan-kebutuhan psikologis dalam sebuah individu per manusia.

Karena itu sukar menapasi kuku politik dengan cinta, mustahil membangun ekonomi dengan solidaritas kasih, atau sukar memasukkan kata cinta dalam konteks yang mendasar dalam peper atau skripsi Universitas. Cinta sungguh-sungguh menjadi urusan cengeng seorang dalam bilik kostnya atau plawangan Kaliurang atau Puncak, seperti sembahyang jugaterbatas juga menjadi urusan geografi sebuah rumah ibadah.

Layak pulalah seorang yang menempuh karir harus menyisikan urusan cinta jauh-jauh di dalam bilik hatinya. Sebab cinta yang dimaksud adalah cinta egonya belaka. Cinta sebuah ego memang sukar di organisasikan untuk tidak kosleting denganmekanisme sebuah perusahan. System ilai yang berlaku hamper tidak member ruang pada makna cinta yang lain, yang lebih luas. Padahal cinta itu tenaga, seperti juga nafsu keinginan seksual tidak harus 100% diwujudkan lewat persenggamaan,cinta bisa member power bagi kegiatan apa saja tergantung pengendaliannya dan trnsformasinaya.

Tenaga cinta tidak harus terungkap lewat kosentrasi kepada lawan jenisnya, meskipun alternative itu memang amat menonjol. Seorang wanita yang mampu mengendalikan kejiwaan dimana motor cinta bersemayam, tak perlu kelabakan ketika terjadi benturan antara kesuntukan karir dengan berseminya cinta kepada seorang arjuna. Sumber kelabakan itu adalah ketika mengakumulasi tenaga disebuah kalengan atau kamar tertutup. Bisa meledak ketika dirangsang oleh api, atau setidaknya menjadi bocor,. Semua barang yang bocor memang tidak baik.

Sumber : Cak Nun (Emha Ainun Nadjib)

Iklan